Senin, 23 Juli 2012

Spanyol Dan Gelar Juara

Seperti kita ketahui timnas Spanyol baru saja mengukir sejarah baru dengan mampu mempertahankan gelar juara eropa, bahkan 2 tahun sebelumnya mereka mampu meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya.

Pencapaian timnas sepakbola Spanyol dalam meraih hattrick gelar merupakan klimaks dari pencapaian tertinggi olahraga Spanyol. Di tahun 2006 timnas bola basket Spanyol lebih dulu membuat sejarah, mereka berhasil menjadi juara dunia setelah di final mengalahkan timnas Yunani, dan ini merupakan gelar pertama buat mereka, Pau Gasol dan kawan kawan pun membuat dominasi Amerika Serikat di ajang ini terhenti. Bahkan nama Fernando Alonso dari ajang F1 melanjutkannya dengan meraih gelar juara dunia 2 kali secara beruntun.

Di tahun 2010 timnas sepakbola juga membuat sejarah baru, sama dengan timnas bola basket Iker Casillas dan kawan kawan juga meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya. Dominasi Spanyol makin jelas terlihat saat Jorge Lorenzo meraih gelar juara dunia MotoGP. Di ajang balap sepeda Tour de France juga mengeluarkan juaranya dari Spanyol Alberto Contador yang merupakan gelar keduanya setelah dia meraihnya di tahun 2007, setahun kemudian Carlos Sastre juga meraihnya.

Masih di tahun yang sama, setelah selalu menjadi bayang bayang kesuksesan Roger Federer, Rafael Nadal pun akhirnya meraih posisi pertama ATP tenis profesionalnya. kesuksesan Nadal berkat 3 gelar grand slam bergengsi yang diraihnya mulai dari French Open sampai US Open dan Wimbledon.

Melihat semua itu pasti beberapa negara begitu iri melihat kesuksesan olahraga Spanyol, pasalnya semua evant yang diraih atlet atlet Spanyol hampir semuanya adalah olahraga olahraga bergengsi dan populer di dunia. Sepertinya Indonesia harus banyak belajar dari negara matador itu. Jangan hanya memanfaatkan event event besar untuk proyek terselubung menghabiskan milyaran rupiah uang negara.

Saat saya menyaksikan prestasi olahraga Spanyol dan membandingkannya dengan olahraga tanah air, seperti ada luka yang begitu besar di dada kita. Apa yang salah dengan olahraga kita ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar